Guru merupakan elemen bangsa yang sangat menentukan kualitas kehidupan rakyatnya. Tak akan maju sebuah bangsa kalau tak mendapat dukungan guru guru yang luar biasa. Bangsa yang besar tentu karena memiliki guru yang besar pula. Terus seperti apa kriteria guru guru yang besar itu. Mari simak cerita nyata berikut ini :

Pak Ahmad merupakan salah satu guru swasta di sebuah madarasah, tiap hari berangkat jam 05.30 dan telah tiba di sekolah 20 menit lebih awal dibanding dengan guru yang lain. Walau sebagai guru swasta namun beliau ini guru yang sangat tekun, semua tugas mengajar dilaksanakan dengan penuh pengabdian. Ia merupakan satu satunya guru yang pulang paling siang.

Selain mengajar beliau juga punya beban untuk menghidupi satu istri dan 7 anak, mereka semua pasti membutuhkan biaya hidup yang tak sedikit. Biasanya setelah pulang mengajar beliau melakukan aktivitas lain, rata rata beliau baru sampai rumah pada jam 11 malam. Ini berlangsung selama bertahun tahun dan telah menjadi aktivitas rutinnya.

Gaya mengajar yang dimiliki oleh pak ahmad memang beda dengan yang lain, beliau mampu menyampaikan pelajaran yang tersulit sekalipun dengan cara yang mudah diterima. Makanya jangan heran kalau beliau menjadi guru yang paling disukai oleh anak anak. Beliau pun sering memberikan les tambaha, kadang bisa sampai datang ke rumah siswa hanya untuk membantu siswa itu agar mau terus belajar.

Sebagai manusia biasa tentu beliau pun mengalami kesulitan dalam hal keuangan, tetapi hal ini tak pernah menjadi keluhan atau alasana baginya, beliau sangat yakin bahwa Tuhan pasti akan selalu menolong hambaNya selama hamba mau bertindak semata mata hanya karena Alloh SWT.

Keyakinan Pak Ahmad memang sangat beralasan, Alloh memberi karunia luar biasa kepada putra putri pak ahmad, mereka rata rata menjadi jawara di sekolahnya hingga selalu mendapatkan beasiswa. Bahkan ada 3 putra beliau yang diterima di fakultas kedokteran pada perguruan tinggi yang sangat bergengsi di negeri ini. Sementara yang lain pun tak kalah hebatnya, mereka mampu menyelesaikan studi hingga ke perguruan tinggi, praktis ketujuh putra pak ahmad ini menjadi sarjana dan kini telah menjadi orang orang yang sukses, kaya dan bahagia.

Kini Pak Ahmad telah tiada, tetapi kita yakin bahwa beliau sudah tenang di alam sana, beliau pasti akan sangat bahagia ketika melihat putra putrinya sudah sesukses sekarang, beliau pasti bangga karena telah mendidik murid muridnya dengan semangat terbaik yang pernah beliau miliki. Selamat jalan pak ahmad , semoag Alloh SWT selalu memberi balasan yang lebih baik dan abadi disisiNya. Amin