Selasa, 16 Desember 2014

Ingin Jadi Miliarder Lewat Internet? Guru Ini Bisa Jadi Inspirasi


TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Belajar Matematika sambil diajari oleh guru yang tampan, kocak, dan menyenangkan tentu menjadi hal yang diinginkan setiap siswa.
Inilah yang terjadi di Korea, seorang guru namanya melejit dan sekarang menjadi miliarder dengan profesi sebagai guru matematika.
Di negara yang menjunjung tinggi pendidikan ini, Cha Kil-young merupakan guru matematika paling top. Namun, ia tidak mengajar di sekolah melainkan di sekolah online bernama SevenEdu yang focus pada persiapan penerimaan mahasiswa baru di bidang matematika.
Ia berhasil mengumpulkan uang sebanyak 8 juta dolar tahun lalu. Ia pun mengajar dengan cara yang unik. Ia selalu mengenakan topi-topi yang lucu di video ajarannya.
"Aku sangat suka matematika," kata Cha yang selalu berpakaian trendi seperti dilaporkan Washington Post.
Pendidikan di Korea Selatan memang sangat ketat. Di sini anak-anak harus benar-benar bersekolah di sekolah PAUD yang benar sehingga nantinya ia bisa melanjutkan ke sekolah dasar yang benar pula sampai ia SMA bahkan kuliah.
Hampir 300.000 siswa mengikuti kelas online Cha itu dengan biaya $39 setiap 20 jam belajar. Ia mengajari para murid trik mengerjakan soal tepat waktu termasuk cara-cara cepat mengerjakan soal sehingga mereka bisa menyelesaikan ujian dengan cepat pula.

"Ini seperti kau membuat satu makanan dengan 100 chef yang berbeda. Mereka mungkin menggunakan alat yang berbeda meski nanti hasilnya sama. Hal ini juga terjadi pada matematika, ada banyak cara untuk menyelesaikan soal," ujar Cha ketika ditanya mengapa ia sangat sungguh-sungguh menjalani sekolah online ini.
Studionya dirancang dengan sebuah papan tulis hijau dan meja, sementara di belakang kamera terdapat berbagai properti seperti topi kuda nil, batman, dan jaket emas.
"Kau tidak hanya mengajarkan pelajaran di sini tapi juga harus bisa jadi entertainer," kata Cha yang sudah menjalani pengajaran ini selama 20 tahun.
Ia sudah sangat terkenal di Korea dan pernah berduet dengan aktris ternama Korea, Clara dalam sebuah proyek lagu berjudul "SAT Jackpot!" (tribun jogja)

Tidak ada komentar: