Jumat, 09 Oktober 2015

Trik megatasi error 500 dan gagal daftar di e-PUPNS

Cara Registrasi PUPNS atasi Masalah Error dan Gagal Daftar maka kami anggap telah memahami tentang proses daftar atau registrasi PUPNS 2015 namun saat akan mengikuti semua prosedur tersebut ternyata tak semulus perkiraan.
Ya kendala yang kerap ditemukan oleh PNS yang akan melakukan pendataan ulang adalah masalah error dan juga gagal daftar padahal sudah melakukannya berulang-ulang, apa yang terjadi bagaimana solusi atas permasalahan ini. Setiap masalah pasti ada solusi karena admin disini sudah cukup berpengalaman memberikan informasi pengumuman online yang dibuka secara nasional maka secara ringkas akan diberikan beberapa tips mengenai masalah error serta gagal daftar PUPNS online ini.
Kenali Penyebab sulitnya mendaftar/regitrasi di e-PUPNS BKN 2015
Solusi yang bisa dilakukan terkait dengan error dan gagal daftar untuk pelaksanaan proses registrasi online PUPNS bisa ditemppuh dengan mengenali penyebab dari masalah yang ada karena memang pada dasarnya penyelesaikan terhadap masalah akan disesuai dengan penyebab dari masalah itu sendiri.
Pengalaman kami sendiri saat coba melakukan pendataan online PNS kemarin memang terkendala pada saat akan finish dari proses registrasi yang dilakukan, ternyata ada keterangan pesas ERROR 500 pada halaman saat akan mengirim formulir kedua pada tahap registrasi PUPNS di website BKN itu.
Ternyata penyebab dari kendala ini adalah beratnya load database web BKN yang diduga akibat banyak pengakses yang coba melakukan registrasi BKN padahal kala itu admin melakukannya pada tengah malam dan solusi dari pemasalahan ini adalah dengan mencoba dan terus mencobanya berulang kali.
Selanjutnya adalah Halaman registrasi tempat pengisian formulir PUPNS tidak bisa diakses sama sekali dan ini kerap terjadi sepanjang hari saat di jam-jam sibuk, untuk penyebabnya sendiri sebenarnya sama seperti permasalahan yang kami sampaikan sebelumnya karena banyaknya pengakses hanya saja bisa sampai tidak bisa diakses sama sekali bahwa pengunjung tersebut melebihi jumlah dari yang seharusnya menampung atau daya tampung dari web server BKN.
Permasalahan lainnya yang kerap ditemui adalah halaman bisa dengan sempurna diakses namun saat masukkan NIP BARU pada kolom pendataan pertama muncul keterangan berwarna merah yang menyatakan bahwa MAAF INSTANSI ANDA BELUM MELAKUKAN PENDATAAN, nah untuk ini berarti memang dari pihak instansi yang terkait di daerah PNS tersebut belum mengadakan koordinasi ke BKN terkait dengan proses PUPNS yang dibuka mulai tanggal 1 September 2015 yang lalu.
Semakin banyak pengakses online web Registrasi PUPNS BKN
Tak hanya terjadi pada minggu-minggu awal sejak diluncurkannya maka registrasi PUPNS itu sudah jutaan pengakses yang coba masuk ke situs melalui berbagai pencarian di google baik yang mencari alamat resmi dari web BKN ePUPNS maupun yang memang mencari cara lengkap registrasi yang akan dilakukan.
Hal ini berpengaruh pada kecepatan web bahkan sejak pertama diluncurkan hanya pada hari minggu saja akses web BKN yang memuat formulir pendataan ulang PNS itu bisa dilakukan, selebihnya banyak yang kecewa karena hal yang seharusnya bisa dengan cepat diselesaikan namun ternyata proses registrasi menjadi terkendala dengan penyebab klasik yakni turunnya kinerja web server yang tak mampu melayani banyaknya pengakses online tersebut.
Jadi layaknya sebuah ruangan yang menerima proses pendataan secara nasional maka web server memiliki kapasitas yang terbatas meskipun ruangan yang digunakan begitu besar namun tetap saja ketika proses itu dibuka secara online yang bisa diakses dari manapun maka web server tak mampu menanggapi dengan cepat permintaan data dengan traffic yang begitu tinggi akibatnya terjadi desak-desakan pegawai yang coba mengakses proses registrasi PUPNS online 2015.
Hal lain yang bisa dijadikan solusi Masalah Error dan Gagal Daftar
Nah dari beberapa contoh kasus dan juga penyebab dari terjadinya error dan juga gagal daftar registrasi PUPNS tersebut ada solusi terbaik yang bisa diambil oleh semua pegawai maupun yang lain pendaftar PUPNS BKN 2015 yang kami himpun dari hasil penelusuran ditambah pengalaman admin CPNS2015.Com yakni :
  • Mempercepat koneksi internet, caranya dengan pindah ke warnet atau bisa menggunakan modem 4G yang koneksinya jauh lebih cepat agar permintaan data ke web server registrasi PUPNS BKN bisa cepat direspon.
  • Hentikan registrasi jika gagal hingga puluhan kali, tunggu jam-jam sepi untuk mencobanya kembali, bisa tengah malam atau dini hari dan hindari akses data pada jam-jam sibuk karena pada waktu tersebut akan terjadi traffic dan aktivitas yang tinggi dialami oleh server pupns.bkn.go.id
  • Coba solusi mempercepat koneksi web alternatif dengan menggunakan DNS tercepat, untuk cara setting DNS di Mozilla firefox bisa dengan buka menu SETTING lalu pilih tab NETWORK kemudian CONFIGURASI lalu isi kolom Primary DNS dengan 8.8.8.8.sedangkan second DNS 8.8.4.4 (menggunakan DNS Google).
  • Banyak-banyak berdoa dan lebih rajin sedekah agar semuanya lancar.
sumber cpns2015.com

Tidak ada komentar: